Kali ini kita akan menyimak beberapa kota unik di berbagai dunia yang terkenal dengan hal-hal anehnya. Mulai dari kota Ann Arboryang menjadi rumah dari pintu-pintu misterius hingga Centralia yang terbakar selama puluhan tahun. Berikut kita bahas satu-persatu di bawah ini.

- Ann Arbor, Amerika Serikat - Pintu-Pintu Peri
sudah diketahu sejak berpuluh-puluh tahun Ann Arbor yang terletak di Arbor, Michigan. Tempatnya selalu tidak terduga, entah itu dinding toko di samping pintu rumah milik salah satu warga. masing-masing pintu dibuat dengan detail yang sangat rumit dan muncul dalam semalam. Pintu mini terbaru muncul pada tahun 2015 di gedung divisi Ilmu Komputer dan Teknik University of Michigan. Pintu tersebut terhubung dengan komputer kampus. Jika tombol power ditekan, lampu dibaliknya akan menyala.

Tidak ada yang tahu siapa pembuat pintu-pintu tersebut. Warga setempat menyebutnya pintu peri. Mereka selau menanti kapan dan dimana pintu selanjutnya akan muncul. saat ini terdapat belasan pintu yang dipasang di rumah warga, toko, gedung konser, galeri, atau perkantoran. Para Wisatawan yang berdatangan ke kota Ann Arbor biasanya menyepatkan diri untuk melihat langsung pintu-pintu ini.

- LangLey, Amerika Serikat - Kota Kelinci

Jika kalian pernah mendengar tentang Okunoshima, pulau yang dikuasai kelinci liar di Jepang, di Amerika Serikat ada kota Langley yang juga dipenuhi hewan imut tersebut. Semuanya berawal di tahun 2001 ketika sejumlah besar kelinci peliharaan yang dipamerkan dalam sebuah bazar terlepas. Dalam beberapa tahun saja kelinci tersebut sudah berkembang biak hingga mencapai ribuan. rupanya kondisi Langley yang kekurangan predator alami bagi kelinci menyebabkan jumlah mereka terus bertambah.

Awalnya warga setempat menganggap kelinci-kelinci itu menggemaskan. Beberapa bahkan menyisihkan makanan untuk mereka. Namun di tahun 2015 populasi kelinci yang membengkak berkembang menjadi masalah seius di Langley. Hewan-hewan ini kerap merusak halaman warga, menggali lubang liar di tengah fasilitas umum., dan mencuri makanan. Pemerintah kota berwenang sampai pusing dibuatnya. Berbagai solusi tengah menjadi pertimbangan, tetapi masih menuai pro dan kontra dari warga. diantaranya melegalkan perburuan kelinci, evakuasi, atau menempatkan hewan buas sebagai predator alami.

- Noiva do Cordeiro, Brasil - Kota Wanita Amazon

Barangkali kamu sudah pernah mendengar legenda tentang para wanita Amazon yang hidup tanpa lelaki di tengah hutan. Di Brasil ada kota modern yang warganya menjalani prinsip hidup seperti ini. Noiva do Cordeiro dihuni lebih dari 600 penduduk yang semuanya adlaah wanita. Beberapa dari merka menikah dan memiliki anak. tetapi para suami dan remaja pria yang usianya sudah menginjak 18 tahun hanya diperbolehkan memasuki kota tersebut di akhir pekan. Selebihnya mereka harus tinggal dan mencari nafkah di luar.

Para Wanita di Noiva do Cordeiro mengatakan jika hidup mereka lebih damai dan teratur tanpa keberadaan kaum pria. Mereka berbagi sumber dan fasilitas umum dengan rukun. kondisi jadi lebih rapi dan indah dipandangi karena seluruhnya dikelola oleh wanita.

- Elista, Rusia - Catur

Elista merupakan sebuah kota di Republik Kalmykia Rusia. Bagian timur kota ini telah disulap menjadi ibukota catur dunia sejak 1998. Selain City Chess Hall, hampir setipa sudut kota catur dihiasi dengan berbagai karya seni dan patung berteme catur. Papan dan bidal catur raksasa di alun-alun juga menjadi salah satu atraksi yang ada di kota catur.

Penggagas kota catur di Elista adalah Kirsan Ilyumzhinov, yang merupakan miliuner penggila catur yang memimpin Republik Kalmykia sejak tahun 1993. Ilyumzhinov mendirikan kota catur untuk menyambut Olimpiade Catur yang diadakan untuk ketiga puluh tiga kalinya pada tahun 1998. Otomatis, para pemain catur terbaik di dunia juga pernah mengunjungi kota ini.

- Supilinn, Estonia - Kota Sup

Tentu bukan tanpa alasan jika Supilin, sebuah kota di estonia dijuluki kota sup. Pasalnya nama-nama jalan di kota tersebut memang sama dengan bahan sup. Sebut saja Kartuli(kentang), Herne (kacang polong), dan Oa (kacang). Ada pula Marja (beri) dan meloni (melon) yang menyambung naama jalan unik bagi kota sup.

Supilinn sebenarnya memiliki sejarah yang cukup kelam. Kota yang tampak seperti terbekukan di masa lalu ini berhasil selamat dari perang yang menjadikannya luluh lantak di abad 19. Selama bertahun-tahun kota ini menjadi daerah kumuh. Saat ini pun rumah-rumah kayu dan hewan liar masih bisa ditemui di sana. walaupun begitum Supilinn  tengah berbenah untuk menjadi pemukiman yang lebih modern.

- Longyearbyen, Norwegia - Warganya dilarang dikubur di dalam kota​​​​​​​

Longyearbyen adalah kota di Norwegia yang disebut-sebut berada di ujung dunia. Pasalnya Longyearbyen memang terletak di bagian ujung bumi belahan utara. Kota ini memiliki beberapa keunikan. Jalan-jalannya tidak memiliki nama. Warga dilarang memelihara kucing karena bisa membahayakan populasi burung disana. kota tersebut tidak disinari matahari selama 4 bulan setiap tahunnya, sehingga warga selalu mengadakan peryaan kecil setipa matahari bersinar kembali.

Namun fakta paling unik di Longyearbyen adalah kenyataan bahwa warganya dilarang meninggal dan dikuburkan disana. Larangan ini berlaku sejak tahun 1918. Longyearbyen hanya memiliki satu pemakaman yang sudah puluha tahun tidak menerima jenazah baru. Pasalnya udara disana yang sangat rendah yang membuat jasad tidak bisa membusuk, seolah-olah diawetkan di dalam balok es.


- Freetown Christiania​​​​​​​

Jangan heran jika perdagangan ganja legal di Freetown Christiania. Tidak ada polisi untuk menertibkan kota. Bahkan undang-undang pun tidak ada. itulah yang menjadi keunikan Freetown Christiania, sebuah negara mikro dengan bentuk kota yang bertetangga dengan Denmark.

Freetown Christiania atau yang lebih dikenal dengan nama Chirtiana adlah sebuah wilayah otonom dengan 850 penduduk yang mengikrarkan diri sebagai negara berdaulat, terpisah daro pemerintah Denmark. Wilayahnya meliputi bekas pangkalan militer seluas 34 hektar di Kopenhagen, Denmark. Golongan hippies, pecandu, punk, dan para penganut gaya hidup bebas lainnya menjadikan tempat ini sebagai sebuah negara dengan konsep komunitas bebas,sesuai dengan namanya. tidak heran jika angka kriminalitas di sana cukup tinggi.

- Chefchaouen, Maroko - Smurf dan ganja​​​​​​​

Sebenarnya Chefchaouen bukan kota kelahiran para Smurf. Namun sluruh bangunan dan jalan di kota diberi warna biru seperti SMurf. akibatnya,Chefchaouen menjadi salah satu kota paling Instagram-able di dunia.

Selain bangunan-bangunan yang berwarna biru, Chefchaouen juga dikenal sebagai surga ganja. Kief dan Hanish, lahan ganja tradisional Maroko banyak dijajakan di seluruh penjuru kota.